Prestasi Mahasiswa FPK pada Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2023

Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2023 merupakan salah satu bentuk kerjasama yang dibangun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan duta bahasa untuk memberdayakan masyarakat untuk membina para aktivis di sekolah. Kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional telah terselenggara sejak sepuluh tahun lalu dan pemilihan tahun ini diikuti oleh 62 orang duta bahasa putra dan putri yang berasal dari 31 provinsi.

Rangkaian kegiatan pada pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional dimulai dengan pembekalan secara daring, penyampaian beberapa materi antara lain kebijakan bahasa, peran duta bahasa, serta pengutamaan bahasa negara di berbagai ranah. Para Duta yang berhasil mencapai finalis juga diberikan beberapa pertanyaan dan penilaian, sehingga para juri dapat menentukan pemenang terbaik, pemenang harapan, dan pemenang favorit.

Berdasarkan hasil penganugerahan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2023 di Jakarta, Jumat (30/9), Syarif Ardiansyah Mahasiswa Angkatan 2022 dari Departemen Psikologi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Negeri Padang yang berasal dari Departemen Psikologi berhasil meraih Terbaik V Duta Bahasa Tingkat Nasional. Ia juga meraih hadiah senilai Rp 10 juta berkat prestasi tersebut yang diraihnya bersama pasangan Duta Bahasa Putri asal Sumatera Barat.