PKKMB FPK UNP Tahun 2022 Berjalan Lancar dan Meriah

Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) selama dua hari, yaitu Kamis dan Jumat (18 dan 19 Agustus 2022). PKKMB FPK merupakan keberlanjutan dari PKKMB tingkat UNP yang telah digelar sebelumnya (9-12 Agustus 2022).

Dalam sambutannya pada Pembukaan PKKMB, Dr. Suryanef, M.Si. sebagai Dekan FPK, mengajak semua mahasiswa baru untuk mensyukuri kesempatan mendapatkan layanan pendidikan tinggi, karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama. Lebih lanjut disampaikannya, bahwa wujud syukur tersebut dapat dilakukan dengan menjalani perkuliahan dengan sungguh-sungguh, mau bekerja keras, disiplin, serta menjadi mahasiswa yang paripurna. Tidak hanya hebat dalam kapasitas intelektual (IQ) tetapi juga hebat dalam kapasitas Emotional Spritual Quotion (ESQ)-nya.

Dekan FPK juga menyatakan kepada mahasiswa baru, bahwa mereka saat ini berada dalam era yang sangat kompetitif serta “diwarnai” oleh disrupsi teknologi. Oleh karena mahasiswa harus mampu memiliki kompetensi yang dibutuhkan pada abad-21 ini. Beberapa diantaranya adalah kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi dan kemampuan lainnya. Hanya dengan cara demikian, maka mahasiswa akan mampu  survive dalam menatap pasar kerja serta mewujudkan masa depannya yang lebih baik. 

PKKMB FPK sebagaimana info yang diperoleh dari Wakil Dekan III, Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si. diikuti oleh 546 orang mahasiswa baru, yang berasal dari Prodi Psikologi sejumlah 421 orang, serta 125 lainnya dari Prodi D-3 Keperawatan. Sebagaimana lazimnya seremonial dalam lingkup UNP, acara Pembukaan PKKMB diawali dengan Pembacaan ayat suci Al Qur’an dilanjutkan dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring). 50 orang mahasiswa baru diantaranya mengikuti secara daring.

Lebih lanjut melalui kegiatan PKKMB ini disampaikan beberapa materi yang dimaksudkan sebagai bekal bagi mahasiswa baru untuk menjalani aktifitasnya dalam dunia pendidikan tinggi. Beberapa diantaranya adalah: Tata Budaya, Tata Krama, Etika Keilmuan dan Pengenalan Kampus yang disampaikan oleh Wakil Dekan I, Dr. Farah Aulia, M.Psi., Psikolog. Sementara itu terkait dengan Sarana dan Prasarana Pelayanan Akademik disampaikan oleh Wakil Dekan II, Ns. Maidawilis, S.Kep., M.Biomed. Materi selanjutnya berkenaan dengan Kurikulum, Cara Belajar Efektif di Era Revolusi Industri dan Sistem Pembelajaran serta Perkenalan dengan Pimpinan Departemen dan Dosen Prodi. Kegiatan ini digelar pada masing-masing departemen.

Tidak hanya itu, PKKMB juga memberikan ruang bagi pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) FPK untuk melakukan pembinaan minat dan bakat para mahasiswa baru. Momen ini menjadi sangat menarik dan meriah. Masing-masing kelompok mahasiswa baru diberikan kesempatan untuk unjuk kebolehan, serta ditentukan kelompok terbaik I, II, dan III yang mendapatkan reward dari Wakil Dekan III. Sebelum acara ditutup, tak lupa Dekan juga menunjukkan kebolehannya dalam bersolo song.

Acara semakin meriah pada saat semua peserta PKKMB diajak bernyanyi bersama oleh sang dekan, serta para dosen dan tenaga kependidikan FPK. Sesuai jadwal yang diberikan, maka tepat pukul 18.00 WIB berakhir sudah rangkaian kegiatan PKKMB di FPK, yang merupakan PKKMB pertama pada fakultas ini seiring usianya sebagai fakultas baru yang baru hampir setahun.

Untuk membangun rasa bangga mahasiswa baru sebagai warga UNP, juga disenandungkan lagu Mars UNP. Disamping itu untuk pertamakalinya pula disosialisasikan Mars FPK, Pencipta: Zulian Fikry,MA, Aransemen: Alifasa Iqbal, dan Paduan Suara: FPK Student Choir. (FPK/Humas UNP)

Information

Bagian Tata Usaha FPK

Bagian Administrasi FPK UNP

Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat
Telepon:
Fax:
Email: