Departemen Psikologi FPK UNP Menggelar FGD Bersama Pakar Teknologi Informasi dan Komunikasi: Pengembangan Riset dan Asesmen Psikologi

Padang-Fakultas Psikologi dan Kesehatan UNP: Departemen Psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) UNP menyelenggarakan FGD bersama Pakar Tekonologi Informasi dan Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Holin Sulistyo dengan tema Pengembangan Riset dan Asesmen Psikologi Berbasis Digital di era Big Data. Selain FGD, kegiatan tersebut juga berlanjut pada penelusuran kerjasama. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Psikologi dan Kesehatan dan dihadiri oleh dosen di lingkungan Departemen Psikologi FPK UNP (31/1).

Holin Sulistyo dalam sesi FGD, menjelaskan bagaimana pemanfaatan pembelajaran mesin dalam Psikometri, serta berbagai aspek lainnya, diantaranya tantangan serta kesiapterapan teknologi (TKT) dalam memanfaatkan pembelajaran mesin. Holin Sulistyo sebagai pakar pada FGD ini menjelaskan bahwa di era Big Data saat ini, digitalisasi perlu diterapkan dalam pengembangan riset dan asesmen psikologi dalam hal ini mengarah pada pembelajaran mesin (cabang dari kecerdasan buatan), pada bidang psikologi, kecerdasan buatan (AI) dan psikometri (pengukuran atribut psikologi) dapat dikombinasikan untuk menciptakan berbagai aplikasi, seperti tes psikologi online, aplikasi bercerita dengan autoreply atau chatbot, tes psikologi secara virtual dengan penggunaan eye-tracking, dan teknologi sensor untuk menganalisis perilaku tertentu. Pembelajaran mesin juga dapat digunakan dalam penelitian psikologi untuk mempermudah penyebaran informasi dan pengolahan data-data.

Lanjutan dari FGD tersebut, Kepala Departemen Psikologi, Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si menjelaskan pihaknya dan Holin Sulistyo dari UPI akan melakukan penjajakan kerjasama dalam hal riset dan asesmen psikologi berbasis digital, mengingat adanya Pusat Riset Psikologi Siber dan Intervensi (Cyberpsychology Research and Intervention Center/CPRIC) yang dekat kaitannya dengan tema yang dibahas pada FGD tersebut.

 

 

Information

Bagian Tata Usaha FPK

Bagian Administrasi FPK UNP

Jln. Prof. Dr. Hamka, Kampus Air Tawar Padang, Sumatera Barat 25131

  fpk.unp.ac.id

  (0751) 8979306

  fpk@fpk.unp.ac.id

  @fpk_unp