FPK Laksanakan Capping Day: Pengucapan Janji Mahasiswa D3 Keperawatan

Padang-Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menggelar Capping Day dan Janji Mahasiswa Program D-3 Prodi Keperawatan untuk kedua kalinya. Kegiatan ini diikuti oleh 117 orang mahasiswa yang akan melaksanakan praktik keperawatan di berbagai rumah sakit dan puskesmas yang ada dalam wilayah Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan berlangsung hari Kamis, 12 Oktober 2023 di Aula FMIPA UNP.

Capping Day merupakan salah satu kegiatan yang menjadi ciri khas Prodi Keperawatan, berupa seremonial pengucapan janji yang dilakukan oleh mahasiswa Keperawatan yang telah menyelesaikan pembelajaran dan mengawali langkah di dunia profesi. Mahasiswa dinilai telah siap melakukan praktik di klinik, puskesmas, rumah sakit, atau layanan kesehatan lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Departemen Keperawatan, Dr. Linda Marni, S.Pd., S.Kep., M.Kes. dalam laporannya kepada Rektor Universitas Negeri Padang yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Refnaldi. M.Litt . Lebih lanjut dalam laporannya juga disampaikan bahwa mahasiswa akan menjalani praktik di berbagai rumah sakit, diantaranya : (1) RS. M.Jamil; (2) RSUD Padang Panjang; (3) RSUD Pariaman; (4) RSUD Padang Pariaman; (5) RS Aisyiah Pariaman; (6) RST Reksodiwiryo Padang; (7) RSJ Prof. HB. Sa’anin Padang; dan (8) Puskesmas se Kota Pariaman.   

Kegiatan Capping Day dan Janji Mahasiswa Keperawatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Padang yang diwakili oleh Dr. Refnaldi. M. Litt dan dihadiri oleh Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ns. Meta Seprinel, S. Kep., MM, Dekan FPK UNP, para Wakil Dekan, Pimpinan Departemen, serta para dosen dalam lingkungan FPK.

Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Sumatera Barat, Ns. Meta Seprinel, S.Kep., MM. juga memberikan sambutan. Meta Seprinel mengapresiasi kemajuan Prodi Keperawatan Universitas Negeri Padang serta kesiapannya bersaing dengan lulusan tenaga keperawatan lainnya dari berbagai kampus negeri maupun swasta. Ketua DPW PPNI Provinsi Sumatera Barat juga menyampaikan pesan dan harapan agar semua mahasiswa yang menjalani praktik nantinya memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya dalam upaya membangun komptensi yang baik sebagai perawat yang profesional. 

Dekan Fakultas Psikologi Kesehatan UNP, Dr. Suryanef. M. Si  berharap  agar para mahasiswa yang akan menjalani praktik bersungguh-sungguh menjalaninya guna membangun hard dan soft skill sebagai calon perawat yang profesional. Pasar kerja tenaga kesehatan masih terbuka lebar, bahkan untuk pasar kerja internasional, diantaranya Jepang dan Jerman yang juga masih kekurangan tenaga kesehatan. Dekan FPK juga menghimbau agar semua menghayati makna dari Capping Day dan Janji  Mahasiswa yang diucapkan sehingga menjadi sosok calon perawat yang mengedepankan sisi kemanusiaan serta penuh kasih sayang sebagai wujud komitmen dalam melayani pasien. Dekan FPK mengakhiri pembicaraan dengan pernyataan bahwa tingkat kelulusan UKOM mahasiswa D3-Keperawatan UNP selalu mencapai raihan yang tinggi, terakhir mencapai angka 95%.

 

Information

Bagian Tata Usaha FPK

Bagian Administrasi FPK UNP

Jln. Prof. Dr. Hamka, Kampus Air Tawar Padang, Sumatera Barat 25131

  fpk.unp.ac.id

  (0751) 8979306

  fpk@fpk.unp.ac.id

  @fpk_unp