Yudisium dan Pengambilan Sumpah Perawat D3 Keperawatan FPK UNP

Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) tahun ini kembali menghasilkan lulusan D3 Keperawatan sebanyak 87 orang. Mereka akan di wisuda pada 27 September 2023. Lulusan ini telah melalui Ujian Kompetensi (UKOM) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPBIKI) Pusat, dengan capaian kelulusan tahun ini sebesar 91 %. Hal ini dinyatakan melalui berdasarkan Surat Keputusan Komite Nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan Nomor 0970/KOM-Kes/VIII/2023 tanggal 13 Agustus 2023, perihal hasil uji kompetensi dinyatakan bahwa 97 orang (91%) kompeten. Capaian ini termasuk kategori tertinggi.

Sebelum menempuh UKOM, mereka juga telah menjalani praktek di berbagai rumah sakit, diantaranya: 1) RSUD Padang Panjang; 2) RSUD Pariaman;3) RSUD Padang Pariaman, 4) RS Aisiyah Pariaman, 5) RST Reksodiwiryo Padang, 6) RSJ Prof. HB. Sa’anin Padang; 7) PSTW Sabai Nan Aulih Sicincin dan 8) Puskesmas se Kota Pariaman. Praktek yang dilalui dimaksudkan sebagai pengimplementasian bekal pengetahuan yang diperoleh melalui bangku perkuliahan, sekaligus sebagai wahana untuk merasakan suasana riil dari penanganan pasien serta manajemen pengelolaan institusi kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Dr. Suryanef, M.Si, selaku Dekan FPK UNP kepada Rektor dalam acara Pengambilan Sumpah Perawat bagi lulusan baru Prodi D3 Keperawatan FPK UNP yang diselenggarakan Kamis (21/9) di Aula Fakultas Ilmu Sosial UNP.

Bersamaan dengan laporannya, Dekan juga mengajak pada mahasiswa untuk menghayati, mengamalkan isi lagu Mars Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang memuat keteladanan, pengabdian, serta menjunjung tinggi kode etik prosesi keperawatan. Selanjutnya Dekan juga mengimbau para lulusan untuk menjadi perawatan yang humanis serta melayani pasien dengan senang hati. Di sisi lain Rektor Universitas Negeri padang yang diwakili oleh Wakil Rektor 1, Dr. Refnaldi, M.Lit, menyatakan syukur dan kebanggaannya atas capaian UKOM Prodi D3 Keperawatan FPK UNP.

Information

Bagian Tata Usaha FPK

Bagian Administrasi FPK UNP

Jln. Prof. Dr. Hamka, Kampus Air Tawar Padang, Sumatera Barat 25131

  fpk.unp.ac.id

  (0751) 8979306

  fpk@fpk.unp.ac.id

  @fpk_unp